23/12/12

Kunjungan ke ACI (Autism Care Indonesia)


 
Peduli Sesama, Wujud Cinta Sosial Kita !


 
ACI (Autism Care Indonesia) Cabang Surakarta adalah lembaga sosial pertama yang kami kunjungi, sebagai realisasi dari salah satu program kerja HIMABIKO FKIP UNS, Bidang Akademi dan Profesi, Sub Bidang Sosial dan Pengabdian Masyarakat.
Kunjungan ke ACI tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 21 Desember 2012 pukul 13.30 s.d 17.00 WIB, oleh beberapa pengurus HIMABIKO baik dari bidang Akademi dan Profesi maupun dari bidang-bidang lainnya yang jumlahnya sekitar 12 orang. Dalam kunjungan yang pertama ini tidak bisa melibatkan semua pengurus ataupun anggota HIMABIKO lainnya, karena adanya beberapa kendala. Diantaranya adalah karena yang kita kunjungi adalah anak-anak berkebutuhan khusus dalam hal ini anak autis. Menurut pengurus ACI, anak-anak tersebut masih belum bisa jika harus berada di keramaian, apalagi anak-anak tersebut masih dalam proses terapi, dimana dalam proses terapi sudah dibentuk pola-pola perilaku yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan mereka. Tetapi kendala tersebut tidak menghambat keberlangsungan kegiatan. Karena memang masih ada beberapa rencana kegiatan kunjungan ke lembaga sosial lainnya yang semoga dapat melibatkan pengurus ataupun anggota HIMABIKO lainnya yang belum berkesempatan.

            Kunjungan ke lembaga sosial seperti ACI ini bertujuan :
  1. Memberikan  kontribusi nyata kami sebagai mahasiswa kepada masyarakat, dalam wujud kegiatan sosial. Harapannya dengan kegiatan sosial seperti kunjungan ke ACI ini dapat memberikan manfaat dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
  2. Melatih dan meningkatkan sikap sosial seperti sikap empati dan peduli terhadap sesama yang membutuhkan.
  3.  Meningkatkan rasa syukur atas anugerah Allah SWT, dan sebagainya.
Kegiatan yang kami lakukan diantaranya adalah penyerahan buku-buku donasi teman-teman BK FKIP UNS untuk menambah koleksi perpustakaan ACI, penyerahan sembako untuk orang tua anak dan bercengkrama bersama dengan adik-adik penyandang autis, melalui mainan-mainan edukatif yang kami beli dari uang hasil donasi.

Ketika bercengkrama dengan adik-adik autis, kami merasakan sebuah kebahagiaan dan keceriaan bersama mereka, meski ada rasa yang mengharu biru melihat betapa kami harus bersyukur jika harus membandingkan kesempurnaan yang kami miliki, tapi saya yakin, masing-masing dari kami berusaha menahan rasa itu demi tidak ingin merusak suasana keceriaan menjadi sebuah kesedihan. Mereka adalah anak-anak luar biasa yang meskipun berkebutuhan khusus tetapi harus kita perlakukan seperti anak-anak normal pada umumnya.

Dalam kekurangan mereka masih bisa tersenyum lepas, seperti senyum Zulfa yang selalu mengembang. Zulfa adalah salah satu anak autis yang melakukan terapi di ACI, usianya 9 tahun. Ia tidak mampu berkonsentrasi dengan baik. Perhatiannya mudah teralihkan oleh hal-hal di sekitarnya. Pada dasarnya ia seperti memiliki dunia sendiri, ya..begitulah anak autis. Zulfa terlihat begitu bahagia ketika dihadiahi mainan buah-buahan dari plastik yang bisa dipotong-potong dan disatukan kembali karena terdapat perekat diantara potongan-potongan tersebut. Kami sengaja memberikan mainan tersebut untuk mengembangkan kemampuannya dalam memotong, begitupun mainan untuk anak-anak lainnya juga disesuaikan dengan tingkat perkembangannya, yang sebelumnya sudah kami koordinasikan dengan volunter ACI.

Sungguh merasa sangat bahagia berada diantara mereka, kami bisa merasakan indahnya mensyukuri nikmat dan anugerah Allah SWT. Kami juga belajar banyak dari orang tua anak dan para volunter yang sangat hebat dalam kesabaran yang penuh keanggunan, ketegaran, kebijaksanaan dan keikhlasan. Belum tentu kami bisa bersikap seperti itu dalam menghadapi ujian Allah. Kami berharap adik-adik berkebutuhan khusus tersebut tetap dalam kesehatan, mampu berkembang dan memiliki progres setelah melakukan proses terapi, mampu mandiri seperti yang diharapkan oleh orang tua mereka. Mereka adalah malaikat-malaikat kecil anugerah Allah.

Sesungguhnya tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan adalah mutlak milik Allah SWT. Allah akan mencintai hamba-hambanya yang sabar dalam menghadapi ujian hidup yang tidak pernah putus dalam asanya. Semoga dengan kegiatan sosial tersebut kita dapat mengambil hikmah dan menjadi hamba-hambaNya yang senantiasa memperbaiki kualitas diri untuk naik level dihadapanNya kelak. Aamiin ... 

Salam AKPRO, Aktif dan Produktif !  Terimakasih kepada kawan-kawan AKPRO khususnya sub bidang Sosial dan Pengabdian Masyarakat yaitu Athia Tamyizatun .N, Adi Dewantoro, Erna Yulia .P, Candra Puspita .A, Pinta .D, Day Shella .E, Rani .I, Brilian K.A, Pradhita N.S, yang telah membantu berjalannya kegiatan sebelum dan saat kegiatan berlangsung. Tak lupa dukungan dari Ketua Umum HIMABIKO Agit Purwohartanto, Pristy .W, Bagas Julianto, Niken D.W, dan teman-teman HIMABIKO lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.



 Eka Fitrina / 5B


Dokumentasi Kegiatan di ACI








0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More